8/23/2014

Penyebab Malas Melaksanakan Shalat Wajib



        Kebanyakan orang melakukan shalat hanya sebagai kewajiban. Itu pun dilaksanakan dengan berat dan malas. Rasulullah SAW bersabda    :
“tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang – orang munafik selain shalat shubuh dan isya. Seandainya mereka tahu apa yang ada pada keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak. Sungguh, aku ingin menyuruh muadzin untuk iqamah, kemudian aku perintahkan seorang untuk mengimami manusia, sedangkan aku mengambil api lalu membakar rumah orang yang tidak keluar untuk shalat berjamaah” (dikutip Adnan Ath-Tharsyah, Ash-Shalah wa Ar-Riyadhah wa Al Badan)
        Zaman dulu untuk melaksanakan shalat Shubuh sangatlah berat. Hal ini disebabkan pada saat itu jarang ada alat penerangan dan tidak ada listrik tetapi, zaman telah berubah karena sudah ada listrik saat ini sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau meninggalkan shalat Shubuh. Akan tetapi, orang munafik yang tidak melaksanakan Shalat Shubuh sekarang ini merasa berat untuk shalat. Allah SWT berfirman :
    “Mereka itulah orang – orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka” (Q.S. Al – Baqarah : 175).
        “Sesungguhnya orang – orang munafik itu hendak menipu Allah, dan Allah akan membalas tipu mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri untuk malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) dihadapan manusia. Dan tidakah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali.” (Q.S An – Nisa’ : 142).

0 komentar:

Posting Komentar

#salam kenal yaaa... Jangan lupa tinggalkan jejakmu disini.